Program Yowana

IMG_5105

 

“Kok hidup saya gini-gini saja ya?”

Pernah ga sih pertanyaan itu tiba-tiba muncul di benak Anda?. Seakan apa yang sedang dilakukan sekarang tidak pas aja di hati kecil kita. Sepertinya ada hal lain yang bisa dilakukan yang lebih baik dari ini, tapi tidak tahu apa.

Biasanya pertanyaan seperti “Mau sampai kapan saya seperti ini?” sering muncul terutama ketika sedang merasa lelah, bosan, atau ketika merasa berada dalam tekanan.

Tidak sedikit orang yang memiliki keraguan di dalam hati terkait pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini. Hal ini biasanya terjadi karena seseorang memilih untuk melakukan hal yang dilakukannya sekarang bukan karena mereka benar-benar INGIN melakukannya, tapi karena mereka HARUS melakukannya.

Hal ini biasanya diakibatkan karena ada dorongan dari orang sekitar (yang tidak bisa ditolak) yang mengharuskannya melakukan itu, sehingga sebagai bentuk menghormati orang tersebut akhirnya memilih untuk menurut saja. Alasan lainnya, bisa juga karena butuh uang dan memang belum bisa melihat peluang lain. Sehingga mau tidak mau ya harus dilakukan.

Pertanyaannya sekarang, apakah ANDA JUGA MERASA SEPERTI ITU? Jika jawabannya “IYA”, Tenang…Anda tidak sendiri.

Yuk TINGKATKAN KEMAMPUAN dan KENALI POTENSI DIRIMU dengan bergabung di program Yowana Kreatif

Daftar Program Beasiswa Yowana Kreatif di sini

Apa sih Yowana Kreatif?

Yowana Kreatif adalah sebuah program beasiswa 6 bulan yang didesain untuk membantu meningkatkan kemampuan generasi muda usia 20-25 tahun dalam menghadapi tantangan dengan mengenali potensi diri, serta menghidupkan nilai dalam diri melalui pelatihan life skill dan pendampingan yang rutin.

Program ini menyediakan ruang aman bagi generasi muda untuk berlatih menyadari kekuatan dan kelemahan diri yang akan memudahkan mereka dalam menentukan hal-hal yang ingin dilakukan sesuai minatnya.

Yowana Kreatif akan meningkatkan kemampuan Anda dalam:

  1. Pengembangan Diri

Tanpa mengenali kekuatan diri dan memiliki tujuan hidup yang spesifik, kita cenderung merasa terbelenggu dalam ketidakjelasan, dibayang-bayangi oleh rasa jenuh dan rasa bosan. Maka dari itu, pengembangan diri melalui pendekatan Living Values Education (LVE) serta pendekatan soft skill lainnya akan sangat membantu Anda dalam proses mengenali kualitas diri, kekuatan diri, menentukan tujuan hidup, serta mengenali tantangan yang muncul dalam memenuhi tujuan tersebut.

  1. Kemampuan Berkomunikasi

Apakah Anda masih minder ketika berbicara dengan orang lain? Terutama di depan orang banyak?

Dalam berkomunikasi, ternyata mampu bicara saja belum cukup. Komunikasi adalah sebuah proses penyampaian informasi. Jadi dalam berkomunikasi, tersampainya informasi dengan jelas jauh lebih penting dari hanya bisa berbicara.

Komunikasi sejatinya adalah sebuah keterampilan yang perlu dilatih. Kurangnya latihan dalam berkomunikasi, akan membentuk Anda menjadi pribadi ”minder” yang pemalu dan menutup diri, karena merasa tidak percaya diri dalam menyampaikan pendapat atau perasaan. Di sisi lain, konflik atau kesalahpahaman juga bisa timbul karena kurang jelasnya informasi yang disampaikan akibat kurang dilatihnya keterampilan berkomunikasi.

Untuk menjawab kondisi tersebut, program Yowana Kreatif menyiapkan kesempatan untuk melatih keterampilan berkomunikasi. Anda akan dilatih menyampaikan dengan jelas pendapat ataupun perasaan Anda dalam bentuk latihan komunikasi dengan diri sendiri, berpasangan, ataupun berkelompok. Metode latihan diambil dari pendekatan Living Values Education dan Compassionate Communication. Latihan ini meliputi mengungkapkan perasaan, menyampaikan kebutuhan, menyampaikan permintaan, dan mendengarkan orang lain.

Dengan ini, rasa kepercayaan diri akan tumbuh berkat semakin terlatihnya Anda menyampaikan informasi dengan jelas dalam berkomunikasi, yang akan menghilangkan perasaan minder Anda sehingga bisa memberikan manfaat yang besar bagi diri dan orang lain.

  1. Manajemen proyek

Masih sedikit orang yang terbiasa melihat peluang. Kebanyakan memiliki kecenderungan mengikuti jejak sukses orang lain di sekitarnya. Secara tidak sadar, kita hidup menjadi follower orang lain.

Maka dari itu, pelatihan untuk membangun kepercayaan diri untuk menjadi pemimpin bagi diri sendiri merupakan bagian yang sangat penting dalam program ini. Pendekatan Project Cycle Management (PCM) adalah pendekatan yang digunakan dalam melatih Anda untuk membentuk kebiasaan melihat peluang yang ada di sekitar, dengan melihat kebutuhan nyata yang ada di lingkungan atau masyarakat. Setelah menganalisa kebutuhan tersebut, Anda akan dilatih untuk membuat sebuah proyek sederhana untuk memenuhi kebutuhan yang ada.

PCM bisa diaplikasikan di segala bidang, termasuk dalam kehidupan pribadi. Keterampilan ini akan membuat Anda terbiasa untuk melihat kebutuhan yang ada di sekitar, lalu memikirkan cara apa yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ini adalah latihan yang sangat tepat untuk melatih cara berpikir kreatif yang bisa diterapkan dalam menciptakan kegiatan sosial, peluang bisnis, serta menumbuhkan kemandirian dalam memimpin diri dan memimpin orang lain. Dengan ini, kepekaan dan tanggung jawab sosial Anda akan diasah sehingga mampu menentukan masa depan atau pilihan hidup Anda tanpa harus menjadi follower orang lain.

Proses Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran akan dimulai dari bulan Juli hingga Desember 2022. Proses pembelajaran akan dilakukan dengan mengkombinasikan kegiatan kelas dan pendampingan personal yang dilakukan setiap Senin hingga Jumat mulai dari pukul 09:00 – 15:00.

Jadi, Bagaimana? Masih mau melanjutkan kebingungan hidupmu atau mau berubah dan kenali Potensi Dirimu?

Kesempatan Terbatas, Segera tentukan pilihan Anda

Daftar Sekarang

 

Persyaratan Umum:

  • Memiliki motivasi tinggi untuk mengembangkan diri
  • Memiliki kepedulian sosial
  • Berusia 20 – 25 tahun
  • Minimal lulus SMA/SMK/Sederajat
  • Lulus tes seleksi